Arti dan Simbolisme Bunga Sakura

Arti dan Simbolisme Bunga Sakura

Toko Bunga Jakarta Pusat – Bunga sakura adalah simbol musim semi – waktu pembaruan. Mereka juga dapat mewakili sifat kehidupan yang cepat berlalu, karena waktu mekar mereka sangat singkat. Meskipun keindahan bunga sakura pasti akan membuat Anda takjub, namun sayangnya bunga-bunga ini akan mati kembali setelah hanya dua minggu.

Berikut Ini Adalah Arti dan Simbolisme Bunga Sakura

Apa Itu Bunga Sakura?

Bunga sakura, juga dikenal sebagai “sakura” di Jepang, adalah bunga kecil berwarna merah muda yang dihasilkan oleh pohon sakura. Mereka mekar di musim semi dan menghasilkan cukup tontonan, menawarkan mekar singkat yang hanya berlangsung selama dua minggu.

Bunga-bunga ini asli Asia dan dapat ditemukan di pepohonan yang tumbuh di Korea Selatan, India, dan Cina. Namun, mereka telah dibawa ke seluruh dunia dan dapat ditemukan tumbuh di banyak negara lain juga.

Bunga sakura adalah bunga pohon dalam genus Prunus.

Apa yang Melambangkan Bunga Sakura?

Bunga sakura memiliki makna simbolis yang dalam. Di Cina, mereka mewakili cinta dan kekuatan mistis wanita, seksualitas, dan kecantikan.

Di Jepang, bunganya paling dihargai, dengan mekarnya ditemukan di semua aspek budaya Jepang, dari film hingga puisi dan bahkan lukisan.

Mereka juga mewakili kerapuhan dan kefanaan hidup. Mereka terkait erat dengan tema Buddhis tentang kewaspadaan, kefanaan, dan hidup di saat ini.

Banyak orang Jepang percaya bahwa bunga sakura adalah metafora untuk keberadaan manusia – lagipula, waktu mekarnya hanya sebentar.

Cherry Blossom (Sakura) Arti di Jepang

Di Jepang, bunga sakura memiliki arti khusus. Di sini, bunga sakura terkenal dan dipandang sebagai simbol saat-saat indah. Saat bunga sakura bermekaran, orang-orang akan merayakannya, mengadakan “pesta bunga sakura” bersama teman dan kolega.

Kebiasaan ini, yang dikenal sebagai “hanami”, dapat ditelusuri kembali ke lebih dari seribu tahun dan secara harfiah berarti “melihat bunga mekar”. Ritual ini memiliki akar budaya dan agama yang dalam.

Orang Jepang berkumpul di bawah pohon setiap bulan April, merayakan awal yang baru dan tahun yang akan datang – yang seharusnya menjanjikan dan cerah.

Tahun fiskal dan tahun sekolah di Jepang keduanya dimulai pada bulan April, yang merupakan musim “sakura”. Bunga sakura melambangkan awal yang baru dan dirayakan di seluruh negeri.

Di Jepang, bunga sakura juga terikat erat dengan “bushido,” atau “jalan pejuang”. Kode moral ini diikuti oleh samurai, pejuang feodal Jepang kuno. Kode ini membutuhkan rasa hormat, disiplin, dan kehormatan.

Kelopak bunga sakura yang jatuh diyakini melambangkan akhir kehidupan para samurai. Dalam Perang Dunia II, bunga memiliki arti yang sama, saat pilot Jepang melukis pesawat tempur mereka dengan citra sebelum memulai misi mereka.

Bunga sakura juga melambangkan pembaruan di sini. Makna ini telah bertahan, dengan asal mula sekitar 710 (jauh sebelum kebangkitan feodal Jepang). Itu mewakili dewa gunung dan menandakan kesuksesan pertanian.

Sebagai salah satu bunga musim semi yang paling indah, mereka mewakili awal musim semi, waktu pembaruan dan harapan untuk tahun pertumbuhan yang produktif.

Arti Bunga Sakura di Amerika Serikat

Di sini, di Amerika Serikat, bunga sakura memiliki arti yang berbeda. Pada tahun 1912, Jepang memberikan lebih dari tiga ribu pohon kepada Washington, D.C. dalam upaya memulihkan persahabatan dan aliansi politik. Pohon-pohon tersebut ditanam oleh Helen Terron Taft dan Viscountess Chinda, istri duta besar Jepang.

Saat ini, pohon sakura ini diperingati setiap tahun di Festival Bunga Sakura Nasional D.C. Saat ini, ribuan penonton datang ke kota untuk menyaksikan pepohonan bermekaran dalam nuansa warna merah jambu dan putih. Tentu saja, ada banyak acara yang berlangsung selama festival ini juga.

Di Amerika Serikat, bunga sakura masih dipandang sebagai simbol ketenangan dan kedamaian.

Baca Juga : Tips Memilih Bunga Untuk Acara Pernikahan

Apa yang dilambangkan oleh tato bunga sakura?

Tato bunga sakura bercokol dengan simbolisme seperti halnya bunga sakura itu sendiri. Tato ini mewakili sifat fana dari keberadaan kita bersama dengan keindahan halus awal yang baru.

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button